Thursday, June 25, 2015

Waktu Makan Sahur


Waktu bersahur ialah bermula pada pertengahan malam hingga terbit fajar, namun disunatkan untuk mengakhirkan waktu bersahur yaitu kira-kira 10 atau 15 minit sebelum bilal mengumandangkan adzan Subuh.

Mengantuk dan letih tidak boleh dijadikan alasan untuk enggan bersahur karena sahur dapat membantu menguatkan badan orang yang berpuasa untuk mengerjakan ibadat puasa pada siang harinya, di samping sahur itu sendiri adalah satu amalan sunat yang berkat.

Pengambilan makanan sahur adalah titik yang membedakan antara puasa penganut agama lain dengan puasa kaum muslimin karena penganut lain tidak bersahur sebelum berpuasa.

Bersabda Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah korma.” (HR Abu Dawud, Ibnu Hibban, Baihaqi).

Barangsiapa yang tidak menemukan korma, hendaknya bersungguh-sungguh untuk sahur walau hanya dengan meneguk satu teguk air, karena fadhilah (keutamaan) yang disebutkan tadi, dan karena sabda Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Makan sahurlah kalian walau dengan seteguk air.”

Waktu sahur adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa kepada Allah S.W.T. Maka manfaatkanlah saat makan sahur perbanyak dengan doa.

Semoga Bermanfaat..

Waktu Makan Sahur Rating: 5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Weekly