Monday, June 29, 2015

Cara Membuat Partisi Ext3 untuk Install Android x86 di PC



Bagi sobat yang gak punya Smartphone android (kayak saya) ato cuma pengin coba punya android di pc bisa install Android x86 tanpa pake emulator kayak Bluestack,You Wave, dan emulator lainnya. Tapi yang paling penting yaitu sobat harus ada partisi kosong dengan format Ext3. Kenapa harus Ext3? Setau saya, saya pernah coba install di partisi dengan format NTFS dan FAT32 bisa, tapi cuman partisi kita hanya terdeteksi 2 GB dan juga tidak bisa akses Root. 

Ini berdasar kasus saya sendiri,

Misal kita buat partisi baru sebesar 20 GB, lalu kita pake format NTFS / FAT32. Yang bisa digunakan cuma 2 GB yang 18 GB mubazir gak kepake. Walopun sukses install di NTFS / FAT32, kita sulit ato mungkin malah gak bisa akses Root. Padahal akses Root sangat penting di android. Jadi pake format NTFS / FAT32 itu gak di rekomendasikan.

Yang direkomendasikan yaitu pake format Ext3. Misal kasusnya kayak di atas, tapi dari 20 GB partisinya kita bisa pake semuanya dijadikan Internal Storage dan bisa akses Root.

Sudah tau kan perbedaannya?


Oke kita lanjutkan. Partisi Ext3 kalo di Windows emang gak kebaca, katanya kalo pake Linux bisa kebaca. Karena di windows cuman bisa baca NTFS. FAT32, FAT. Jadi untuk membuat partisi baru sobat download dulu software nya lalu di install. 


Download dan install Minitool Partition (tinggal pilih salah satu)



Baca dengan teliti tutorial di bawah ini

1. Buka Minitool nya





2. Maka akan terlihat partisi-partisinya



penting=jika harddisk sobat masih Dynamic maka harus di ubah ke Basic, klik kanan di harddisk nya jika ada tulisan Convert Dynamic to Basic maka pilih itu, jika tidak ada bisa lanjut ke step berikutnya. Gambar di atas sudah saya convert ke Basic.



3. Buat partisi baru dengan cara resize partisi terakhir (misal partisi di gambar drive :F . Klik drive :F pilih resize)



4. Buat Unallocated size sebesar memory yg diinginkan (misal  : 20.000 MB / 20 GB)
Unallocated size harus berada di akhir partisi setelah drive (:F misal)
gambar di bawah size nya 6 GB..



5. Klik pada Unallocated size dan  klik kanan pilih Create



6. Create as              : Logical
    File systems     : EXT3  (wajib EXT3, semisal pake yg lain tidak akan support root dan size memory hanya maksimal 2 GB)



7. Klik OK Lalu Klik icon APPLY 

8. Reboot PC 




Sekian dulu tutorial cara membuat partisinya, jika banyak salah saya mohon maaf. Saya juga masih belajar. semoga bermanfaat..

Cara Membuat Partisi Ext3 untuk Install Android x86 di PC Rating: 5 Diposkan Oleh: Unknown

2 comments:

Popular Posts

Popular Weekly