Sunday, May 17, 2015

Sejarah Meme Comic Indonesia (MCI)


Mumpung MCI katanya hari ini lagi ulang tahun saya posting sejarah MCI yg saya dapat di memecomic.id 




Meme Comic Indonesia adalah sebuah komunitas meme terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1,7 juta member. Meme Comic Indonesia memulai debutnya di tahun 2012 melalui sebuah facebook fanpage yang dinamakan Meme Comic Indonesia, di alamat facebook https://www.facebook.com/MemeComicIndonesia ynag pertama kali dibuat oleh seseorang yg sangat tamvan bernama Mr."P" yang kemudian menjadi sangat terkenal dengan nama panggung "Admin P", yang kemudian merekrut beberapa admin lain seperti Admin S, Admin Kit_ty dan masih banyak lagi.

Setelah peristiwa peretasan di malam palentin tahun 2014, alamat fanpage disamarkan oleh peretas dan muncul kembali di alamat https://www.facebook.com/MemeComicIndonesi. Setelah berbagai upaya dilakukan, Meme Comic Indonesia kembali ke tangan para admin pelopor. Pasca peristiwa peretasan, para admin menyerahkan menejemen dan pengembangan komunitas Meme Comic Indonesia kepada Pensil Media, sebuah agensi periklanan yang berkedudukan di Jakarta. Admin2 MCI tetap bebas berkreasi dan memilah konten meme seperti biasa di fanpage tanpa ancaman2 luar dan fokus melayani para member dengan memberikan hiburan yg lebih lucu dan bervariatif. 
Meme Comic Indonesia memiliki akun twitter yg sebelum peretasan dilakukan beralamat di https://twitter.com/memecomicindo. Karena peristiwa peretasan ternyata dilakukan oleh pihak internal, maka Meme Comic Indonesia mengembangkan sendiri akun twitter resmi yang kini beralamat di https://twitter.com/idmci.
  
Pada Akhir tahun 2014, Meme Comic Indonesia bekerja sama dengan penerbit Loveables dan penulis Widya Arifianti, mengeluarkan buku berjudul “If You Know What Happened in MCI”, yang isinya tentang keseharian kocak para admin Meme Comic Indonesia dan upaya-upaya mereka mengembangkan komunitas meme terbesar di Indonesia. Buku ini menjadi buku legendaris yg masuk ke dalam kategori Best Seller di berbagai toko buku online maupun Gramed*a seluruh Indonesia. Kamu yg berhasil mendapatkannya bisa dibilang kebalikan Bad Luck Brian.
   
Meme buatan para admin dan member banyak menjadi tren di kalangan netizen Indonesia, mulai dari parodi situasi sekolah, selebritis, ekonomi, politik dan masih banyak lagi. Media yang telah mendukung dan menampilkan profil komunitas Meme Comic Indonesia antara lain: Majalah Gatra, Radio TraxFM Jakarta, Harian Sindo, Anteve, Berita Satu, Kompas Online dan masih banyak lagi.
   
Demikian sejarah singkat komunitas Meme Comic Indonesia. Kalo pengen tau sejarah lengkapnya sambil ketawa2 teler, bisa baca buku “If You Know What Happened in MCI” yg sekarang tersedia di toko2 buku terdekat. 

sumber = memecomic.id

semoga bermanfaat..

Sejarah Meme Comic Indonesia (MCI) Rating: 5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Weekly